Teknik Komputer, Jaringan dan Informatika

Di era digital ini, aktivitas sehari-hari memang sulit dilepaskan dari teknologi. Di berbagai, bidang inovasi teknologi bisa meningkatkan kinerja dan kecepatan, sehingga kegiatan yang dilakukan menjadi lebih mudah. Inovasi teknologi diberbagai bidang ini tidak terlepas dari komputer. Ya, dengan adanya komputer berbagai program dan aplikasi dapat dibuat untuk memasukan perintah-perintah pada sebuah perangkat. Karena hal tersebut studi tentang komputer menjadi banyak diminati, salah satunya adalah teknik komputer.

Saat memilih jurusan kuliah, tentu Anda tidak menginginkan salah masuk jurusan bukan? Makanya mengenal beberapa jurusan terlebih dahulu merupakan hal yang harus dilakukan agar tidak salah memilih. Untuk lebih mengenal, di bawah ini adalah ulasannya.

Apa Itu Teknik Komputer?

Teknik komputer adalah adalah satu disiplin ilmu yang merupakan kombinasi dari ilmu komputer dan teknik elektronika. Dalam teknik ini seseorang harus melakukan perancangan, pembuatan,  pengelolaan dan pemeliharaan sistem berbasis komputer. Software, hardware dan sistem komunikasi merupakan topik yang akan dipelajari dalam studi ini.

Selain itu, memilih dalam teknik ini, Anda harus mempelajari sistem elektronik digital. Misalnya adalah komputer dan sistem telekomunikasi. Ya, sistem telekomunikasi saat ini sudah semakin canggih. Dengan akses internet dari komputer, Anda sudah bisa terhubung dengan media komunikasi digital.

Sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan interaksi di dunia maya. Namun, di sini dalam sistem perangkat lunak materi yang dipelajari lebih banyak mengenai interaksi antara hardware dan software.

Persiapan Untuk Mempelajari Teknik Komputer

Setelah mengetahui apa itu computer engineering, maka selanjutnya adalah apakah persiapan yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa teknik ini? Di Bawah ini merupakan materi-materi dasar yang harus digali informasinya, yaitu sebagai berikut.

Dasar-Dasar Elektronika

Karena computer engineering merupakan gabungan dari ilmu komputer dan teknik elektronika, maka, untuk mendalami disiplin ilmu ini setidaknya Anda harus memiliki pengetahuan dasar mengenai dasar-dasar elektronika. Misalnya adalah resistor, kapasitor dan induktor. Teknik elektronika sendiri merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang kelistrikan dan alat-alat semikonduktor.

Ilmu Komputer

Mustahil untuk mengkombinasikan komputer dan elektronika tanpa mengetahui dasar-dasar ilmu komputer itu sendiri. Ilmu komputer merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang komputasi, hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Bahasa Pemrograman Mesin

Bahasa pemrograman merupakan instruksi standar yang digunakan untuk memerintah komputer. Ada banyak jenis bahasa pemrograman yang harus dipelajari untuk mendalami disiplin ilmu tersebut salah satunya adalah bahasa mesin.

Ranah TKJ

Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan disiplin ilmu yang membahas tentang komputer berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau TIK. Ilmu ini berkaitan dengan perakitan komputer, algoritma, pemrograman, pengoperasian perangkat lunak, internet dan perakitan jaringan komputer. Disiplin ilmu ini sudah bisa didalami saat menengah atas dan sering disebut dengan TKJ. karena telah banyak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mengadakan jurusan ini.

Selain itu, pemahaman dalam bidang ilmu komputer dan teknik listrik juga dibutuhkan untuk mendalami komputer berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini. Sehingga dapat mengintegrasikan dan mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak. Teknik Komputer dan Informatika juga menjadi salah satu poin pembahasan dalam disiplin ilmu ini.

Lalu, apa saja peluang kerja jika memilih jurusan untuk mendalami ilmu ini? Peluang kerja untuk orang yang memiliki keahlian komputer sangat dibutuhkan. Pasalnya, keahlian komputer tidak banyak dimiliki oleh orang lain. Beberapa prospek kerja ahli komputer dan informatika antara lain sebagai berikut.

Penyedia Jasa layanan Internet

Saat ini akses internet sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan, mulai dari bisnis, informasi, berita, pengolahan data dan lain sebagainya.  Maka dari itu, penyediaan jasa layanan internet bisa menjadi profesi yang cukup menjanjikan.

Dalam menyediakan layanan internet, Anda harus melakukan mengidentifikasi kebutuhan dan keamanan jaringan, mendesain dan menginstalasi sistem keamanan, administrasi server otentikasi, mengoperasikan dan memonitoring sistem keamanan jaringan.

Jaringan Nirkabel

Computer engineering merupakan gabungan ilmu komputer dan teknik elektro, sehingga banyak mempelajari tentang kelistrikan, khususnya yang berhubungan dengan microcontroller dan prosesor komputer.

Beberapa tugas yang dilakukan dalam jaringan nirkabel antara lain, melakukan survey di lapangan, membuat antena, instalasi jaringan nirkabel,  konfigurasi peralatan dan operasi jaringan nirkabel.

Integrator dan Administrasi Jaringan

integrasi antara perangkat lunak dan perangkat keras juga dipelajari di TKJ. Sehingga keahlian dalam menghubungkan kedua komponen komputer tersebut bisa dimiliki. Tugas integrator dan administrasi jaringan antara lain yaitu menganalisa dan merancang Wide Area Network, pemasangan jaringan lokal, instalasi jaringan area luas, instalasi sistem operasi jaringan.

Selain itu integrator juga harus melakukan analisa, perbaikan terhadap kerusakan maupun kesalahan kerja koneksi sistem jaringan. Meng-instalasi web server,  basis data server, server jaringan dan melakukan manajemen konten. Serta instalasi dan integrasi kolaborasi perangkat lunak.

Administrator Server

Dalam administrator server beberapa tugas yang harus dilakukan antara lain, mengatur server dan bandwith, memantau server dan melakukan pengaturan dalam jaringan.

Siapa Yang Cocok Memasuki Jurusan TIK?

Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang suka mengotak-atik komputer. Karena computer engineering adalah prodi yang tidak pernah lepas dari mesin komputer itu sendiri. Selain menyukai dunia komputer, jurusan ini cocok dipilih untuk Anda yang ingin menjadi ahli teknik jaringan komputer, software development, konsultan IT, robotic engineer, analis dan lain sebagainya.

Perbedaan Teknik Komputer dengan Teknik Informatika

Teknik informatika atau programming merupakan ilmu yang membahas mengenai pengolahan data, yaitu proses transformasi yang memanfaatkan teknologi komputer dengan proses-proses logika. Jadi, berbeda dengan computer engineering, teknik informatika ini lebih sering berkutat dengan pemrograman, pengembangan perangkat lunak dan jaringan komputer. Dalam beberapa universitas, teknik ini sering disebut dengan ilmu komputer atau computer science.

Memilih prodi ini, Anda harus bersiap-siap karena akan bertemu dengan materi matematika, seperti kalkulus, statistik, aljabar dan lain sebagainya. serta algoritma dan coding. Sehingga niat yang bulat dibutuhkan untuk masuk dalam prodi ini, karena banyak orang yang terjebak, kemudian lulus dengan nilai pas-pasan.

Jadi, perbedaan dari computer engineering dan teknik informatika yaitu, dalam teknik komputer Anda akan banyak berkutat dengan hardware meskipun sesekali akan menemukan programming. Namun bahasa pemrograman yang digunakan tersebut merupakan bahasa pemrograman mesin. Sementara dalam teknik informatika, Anda akan lebih sering berkutat dengan software atau perangkat lunak dan pengolahan data.

Perbedaan Teknik Komputer dan Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan antara ilmu komputer dengan manajemen atau bisnis. Sekilas mungkin disiplin ilmu ini tidak jauh berbeda dengan teknik informatika. Namun, sistem informasi merupakan jembatan antara aplikasi yang dirancang dengan kebutuhan bisnis. Sehingga dalam prakteknya Anda tidak hanya mempelajari keahlian mengutak-atik komputer atau merancang aplikasi. Namun juga mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dengan klien secara efektif.