Cara Aman Mengatasi Memori Internal Penuh

Smartphone memang sudah banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini. Bahkan, maraknya produsen smartphone yang memproduksi banyak jenis yang berbeda juga berdampak kepada pemilihan memori internal yang beragam. Terkadang, kebanyakan smartphone hanya dibekali dengan memori  yang sedikit. Dan tentu saja ini akan berdampak kepada penggunaannya.

Dimana Penyimpanan internal ini akan lebih mudah penuh dan menyebabkan banyak masalah. Beragam penyebab yang membuat memori internal penuh seperti :

  • Terlalu banyak menginstal aplikasi.
  • Tidak pernah atau jarang membersihkan file cache atau file sampah yang menumpuk.
  • Terlalu banyak menyimpan video, gambar dan file yang membuat memori internal menjadi penuh.

memori internal 2.PNG

Cara Mengatasi Masalah Memori Internal Yang Penuh

Jika kita mengalami masalah memori  yang penuh, jangan khawatir terlebih dahulu. Berikut akan kita uraikan bagaimana cara tepat mengatasi permasalahan ini, yaitu:

1. Pindahkan Penyimpanan Aplikasi

Ada beberapa jenis aplikasi yang terinstal di smartphone bisa dipindahkan ke memori eksternal atau ke Micro Sd. Dimana memori eksternal ini bisa kita pilih dengan ukuran yang besar hingga 128 GB.

2. Pindahkan File Ke Memori Eksternal

Untuk kembali melegakan penyimpanan internal, kita harus benar-benar memindahkan aplikasi maupun file ke memori ekstrenal. Hal selanjutnya yang harus dialkukan adalah memindahkan file, video, musik maupun foto yang ada di memori internal tersebut.

memori internal 3.PNG

3. Mengatur Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan baik aplikasi maupun file foto akan mempengaruhi ketersediaan memori internal nantinya. Misalkan saja ketika kita mengatur penyimpanan hasil pengambilan kamera ke penyimpanan internal, maka ini akan membuat memori mudah penuh. Sebuah jepretan kamera biasanya mencapai 3 – 5 MP. Dan tentunya akan memakan banyak memori dalam yang tersedia di dalam android. Jadi, tidak ada salahnya pengaturan penyimpanan dialihkan ke memori eksternal.

4. Menghapus Pesan

Baik berupa pesan digital atau berupa chatting, dan SMS biasa, kita harus menghapusnya secara rutin. Karena, jika tidak dihapus dan dibiarkan menumpuk, ini akan membuat penyimpanan HP menjadi penuh dan sesak.

5. Menghapus Aplikasi

Kebanyakan aplikasi akan disimpan secara otomatis pada memori internal. Hal ini yang seharusnya diantisipasi oleh pengguna smartphone. Apalagi jika penyimpanan internalnya tergolong sedikit. Upayakan untuk tidak terlalu menginstal banyak aplikasi tidak berguna. Atau, hapuslah aplikasi yang jarang digunakan dan tidak diperlukan.

6. File Cache

Tidak ada cara lain yang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin sebagai upaya untuk mengatasi masalah memori internal penuh selain membersihkan file cache. Ini merupakan file sampah yang dihasilkan oleh beragam aplikasi. Kita bisa langsung menghapus file ini di pengaturan HP atau menggunakan aplikasi cleaning yang direkomendasikan.

7. Hapus Data

Beberapa aplikasi bisa digunakan secara offline, dimana aplikasi tersebut juga akan mkenghasilkan penyimpanan data yang akan menumpuk lama kelamaan. Untuk itu, lakukan pembersihan secara berkala agar data tersebut tidak memenuhi memori internal.

memori internal

Cara Menambah Penyimpan Internal

Walaupun kita telah mempelajari bagaimana cara mengatasi masalah Penyimpanan yang penuh diatas, kita tetap bisa mengetahui cara menambah memori internal, seperti:

1. Menggunakan Adoptable Storage

Sebuah fitur berguna yang diselipkan pada perangkat android bernama adoptable storage ini sangat berguna bagi kita yang kehabisan Penyimpanan  internal. Pasalnya, fitur yang satu ini akan membuat sedikit penyimpanan di memori eksternal untuk dijadikan sebagai cadangan penyimpanan internal. Jadi, kita bisa memanfaatkan memori eksternal agar kebutuhan memori internal tetap tercukupi dengan baik.

Fitur ini memang sengaja disediakan agar pengguna smartphone dengan memori internal yang sedikit tetap bisa menikmati kebebasan dalam penyimpanan tersebut. Bahkan, kita tidak membutuhkan aplikasi ketiga atau bahkan melakukan rooting untuk mengkonversi sedikit memori eksternal tersebut.

2. Aplikasi Google Photos

Ini merupakan fitur yang bisa digunakan bagi kita yang sangat suka berselfie dan berfoto. Dimana kita pastinya akan memiliki puluhan bahkan ratusan foto yang tersimpan di memori HP. Untuk itu, manfaatkan saja fitur ini agar bisa menyimpan hasil jepretan tersebut di google photos. Sehingga kita tidak perlu lagi pusing memikirkan memori yang semakin menipis akibat penyimpanan foto-foto tersebut.

3. Aplikasi Google Drive

Cara menambah memori internal lainnya yang bisa dilakukan adalah pemanfaatan dari aplikasi google drive. Ini merupakan tempat penyimpanan alternatif yang disediakan oleh pihak Google. Dimana kita sebagai pengguna bisa menyimpan beragam file, dokumen, video maupun foto sebanyak 15 GB maksimal.

Bahkan, pemanfaatan google drive ini tidak hanya sebatas penyimpanan saja. Kita juga bisa menjadikan wadah penyimpanan ini untuk membagikan atau menshare file-file tersebut dengan pengguna lainnya. jadi, ini merupakan tempat penyimpanan yang mudah digunakan untuk pengguna.

4. Aplikasi Cloud Storage

Agar memori internal tidak penuh maka gunakan penyimpanan alternatif yang tersedia. Pasalnya, tidak hanya google drive saja yang bisa digunakan. Kita tetap bisa menggunakan beragam aplikasi cloud storage. Alias wadah penyimpanan secara online yang mudah diakses dan memiliki keamanan tertentu. Dan tentu saja, penyimpanan alternatif ini tetap bisa digunakan maupun diakses dimana saja dan kapan saja.

5. Menggunakan Harddisk dan Flashdisk

Jika mungkin menggunakan clod storage membutuhkan koneksi internet dan data internet, maka ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk melegakan penyimpanan internal. Yakni dengan menggunakan flashdisk dan harddisk. Kita hanya perlu memindahkan file-file penting seperti foto, dokumen maupun video dan audio dari HP ke perangkat penyimpanan tersebut. Pemindahan ini dilakukan secara offline dan tidak membutuhkan koneksi internet.

Nah, demikianlah cara-cara tepat agar bisa menambahkan kembali memori internal smartphone tanpa perlu rooting dan hal-hal beresiko lainnya. dengan ini, pastinya kita bisa mengembalikan ruang penyimpanan telepon yang lebih banyak. Sehingga, telepon genggam ini tidak lagi lelet dan sulit untuk digunakan. Karena memori telepon yang penuh akan menyebabkan kinerja HP menjadi terganggu. Selamat mencoba!