Jenis-Jenis Jaringan Komputer Topologi dan Fungsinya

Jaringan Komputer merupakan salah satu teknologi canggih yang banyak digunakan oleh manusia di era modern ini. dengan adanya penggunaan komputer, semua pekerjaan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan sehingga waktu juga lebih efisien dan lebih fleksibel.

Berbicara mengenai komputer sendiri salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menjelaskan. adanya jaringan yang dapat membantu komputer untuk bisa bekerja dengan baik dalam satu ruangan atau satu hari yang sama. sebelum anda mengetahui apa itu jaringan komputer. ada beberapa pengertian yang juga jenis-jenis yang bisa anda pahami. berikut ini akan kita bahas secara lengkap.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Hasil gambar untuk jaringan komputer

Jaringan yaitu suatu sistem yang dapat menghubungkan antara dua komputer ataupun lebih. Adanya jaringan ini digunakan untuk membantu masing-masing komputer agar bisa bekerja sama di sebuah area. Hal ini nantinya akan membahas juga mengenai jenis-jenis, yang bisa digunakan untuk perusahaan ataupun kantor dengan tipe yang beragam.

Jenis Jaringan Berdasarkan Topologi

Hasil gambar untuk jaringan komputer

Setelah memahami mengenai pengertian jaringan. Selanjutnya hal yang harus anda ketahui adalah jenis-jenis dari jaringan komputer. Ada banyak sekali jenis yang bisa anda gunakan diantaranya yaitu :

1. Jaringan Star

Topologi pertama dinamakan sebagai topologi star. Jaringan yang satu ini digunakan sebuah bintang. Di mana bentuk topologi ini memang serupa dengan bintang karena memiliki node inti pada bagian tengah kemudian menghubungkannya dengan beberapa komputer lainnya.

Setiap jaringan tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangan yang ada. Apabila dilihat kelebihan dari topologi star sendiri yaitu memiliki kabel yang cukup berkualitas dan bagus. Apabila anda memiliki jaringan yang ternyata terganggu oleh satu kabel yang rusak atau putus, hal tersebut tidak perlu dipusingkan.

Karena tidak akan mengganggu keseluruhan komunikasi justru akan mempermudah penambahan dan juga pengurangan kabel yang digunakan. Selain itu penambahan komputer juga tidak akan mengganggu suatu aktivitas jaringan tertentu. Jaringan tersebut tergolong lebih mudah untuk dikembangkan.

Sedangkan untuk kekurangannya karena memusat pada satu titik. Maka jika bagian tersebut rusak maka akan berpengaruh pada berbagai hal, dan juga kerusakan berpengaruh pada semua. Maka akan berdampak pada penggunaan komputer secara menyeluruh.

2. Jaringan Komputer Bus

Selanjutnya jenis dari topologi yang dapat digunakan dan masuk ke dalam jaringan komputer adalah topologi bus. Sesuai dengan namanya topologi bus ini tergolong jaringan yang pertama kali digunakan dan paling banyak diaplikasikan di sebuah perusahaan. Karena alasannya sangat mudah untuk menyambungkan antara satu perangkat dengan perangkat lain.

Baik komputer printer dan lain sebagainya. Topologi bus ini merupakan salah satu topologi yang lebih sederhana dibandingkan dengan jenis lainnya. Ditambah lagi topologi ini juga hanya menggunakan 1 terminator pada bagian akhir kabel.

Sehingga saat digunakan akan menghemat biaya keunggulan dari topologi bus ini yaitu sangat sederhana, dan tidak memerlukan banyak sekali sumber daya kabel. Sementara kekurangannya jika ada salah satu kabel yang putus atau mengalami masalah. Maka akan berdampak pada bagian keseluruhan.

3. Jaringan Komputer Ring

Selanjutnya jaringan komputer yang bisa digunakan untuk anda yang ingin melihat apakah ada jaringan yang bisa dimanfaatkan di perusahaan atau area tertentu yaitu topologi ring. Jenis jaringan memang berbeda-beda. Tergantung dari kebutuhan dan juga kelebihannya sesuai dengan namanya topologi ring ini, merupakan jaringan yang mampu menghubungkan beberapa komputer menjadi satu rangkaian.

Serta bentuknya melingkar layaknya cincin keunggulan dari topologi ring ini tentu saja biaya yang dilakukan. Ketika memasang atau meletakkan matikan produk tersebut sangat mudah aliran data juga menjadi lebih cepat dan tentu saja mudah diimplementasikan.

Sayangnya kelemahan dari topologi ring ini apabila ada satu kabel yang terputus. Maka semua jaringan ini akan gagal beroperasi dan mempengaruhi bagian lainnya. Hal tersebut tentu saja mengurangi adanya komputer yang digunakan tetapi di satu sisi juga dapat meningkatkan aliran yang digunakan.

4. Jaringan Tree

Selanjutnya jaringan komputer yang paling banyak digunakan yaitu topologi tree. Sesuai dengan namanya topologi ini mengadopsi sistem cabang yang ada pada pohon. Dimana anda bisa memanfaatkan beberapa jaringan topologi star.

Kemudian disambungkan dengan topologi bas bisa dikatakan jaringan ini masuk ke dalam jaringan tingkat tinggi dan cukup kompleks. Jaringan ini banyak digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar ataupun kantor yang memang membutuhkan jaringan tinggi seperti perbankan.

Topologi tree memang memiliki kelebihan manajemen yang lebih luas dan tentu saja pengembangan yang lebih tinggi. Sayangnya kekurangannya apabila terjadi masalah pada satu titik. Maka bisa jadi berpengaruh pada beberapa titik lainnya.

5. Jaringan Extended Star

Setelah memahami mengenai beberapa jaringan komputer. Selanjutnya ada yang disebut sebagai topologi extended star hampir sama dengan topologi bintang pada pembahasan. Sebelumnya jaringan ini memang tidak dapat disatukan antara satu dengan yang lainnya terbukti.

Adanya topologi extended star yang merupakan pengembangan dari topologi star. Kelebihannya tentu saja apabila ada 1 node terputus secara otomatis tidak akan mengganggu dan juga tidak akan mempengaruhi jaringan lainnya. Tetapi kekurangannya karena jaringan ini digunakan pada jaringan besar.

Jenis Jaringan Berdasarkan Fungsinya

Hasil gambar untuk jaringan komputer

Selanjutnya adalah mengenali jaringan komputer berdasarkan fungsinya. Apabila dilihat berdasarkan fungsinya memang berbeda dengan topologi yang sudah dijabarkan ditambahkan di atas. Ada beberapa tipe atau jenis jaringan komputer yang bisa anda ketahui diantaranya yaitu :

Client Server

Jaringan komputer pertama yaitu jaringan komputer client-server. Berdasarkan jenisnya jaringan ini dibedakan berdasarkan fungsi yang hadir karena client server. Biasanya digunakan untuk jaringan seperti dalam warung internet ataupun sejenisnya.

Ada sebuah komputer yang bertindak sebagai server, artinya memberikan fasilitas kepada beberapa komputer lain yang berada di sekitarnya dan terhubung pada beberapa komputer tersebut.

Keunggulan dari jenis jaringan ini adanya akses yang sangat cepat dan menyediakan berbagai fasilitas. Selain itu adanya kontrol yang sangat baik kepada beberapa anak komputer lainnya. Tetapi kekurangan dari jaringan ini. Tentu saja kesulitan dalam melakukan backup karena antar komputer saling terhubung.

Peer to Peer

Selanjutnya jaringan komputer kedua yang didasarkan dari fungsinya yaitu komputer peer to peer. Berdasarkan namanya jaringan ini sangatlah sederhana, karena hanya menghubungkan antara dua komputer saja pada jaringan ini. Jika setiap komputer memiliki fungsi tersendiri dan dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer lainnya.

Tanpa ada perantara ataupun tambahan HUB. Teknologi ini digunakan bagi beberapa perusahaan kecil saja yang memang mengharuskan adanya penyambungan antara satu komputer ke komputer lain. Di sisi lain apabila terdapat komputer yang mati atau mengalami kerusakan. Maka semua jaringan tidak akan rusak atau pun terganggu. Tetapi kelemahannya keamanannya sangat kurang dan sulit untuk dikembangkan.

Peer to Peer

Ada banyak sekali kelebihan dan kekurangan serta jenis-jenis jaringan yang bisa digunakan dalam. Teknologi komputer sebenarnya semua akan dikembalikan kepada kebutuhan dan juga kemampuan masing-masing perusahaan.  Namun hal yang perlu diingat adalah bahwa penggunaan jaringan ini hanya bisa berlaku pada komputer. Dimana spesifikasi komputer tidak ditentukan tetapi tidak bisa dilakukan dengan menggunakan laptop.