Mengenal Virus Komputer, Jenis dan Cara Mengatasinya

Istilah virus komputer mungkin sudah tidak asing lagi atau mungkin pc atau laptop Anda terserang masalah seperti penyakit sehingga terjadi error atau beberapa file menjadi tidak terbaca? Sebagaimana masalah seperti penyakit pada tubuh manusia yang bisa mengganggu kinerja organ tubuh, virus ini juga bisa mengganggu kinerja pc atau laptop Anda. Masalah seperti penyakit yang menjangkiti pc atau laptop  sendiri merupakan program atau aplikasi pc atau laptop yang dapat menyebar dengan sendirinya.

Karena dapat menyebar sendiri, virus ini bisa tidak mengganggu atau malah sangat mengganggu pengguna pc atau laptop. Selain itu, penyebaran masalah seperti penyakit yang tidak terkendali dapat membuat perangkat pc atau laptop menjadi bermasalah. Lalu bagaimana cara mengatasi pc atau laptop yang terkena virus? Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai “penyakit” dalam pc atau laptop tersebut, mulai dari pengertian, jenis hingga cara mengatasinya.

Apa Itu Virus Komputer?

Sebelum membahas tentang cara mengatasi pc atau laptop yang terserang masalah seperti penyakit, alangkah lebih baik untuk mengetahui artinya. Virus komputer adalah sebuah program atau aplikasi pc atau laptop yang penyebarannya dapat merusak data pada pc atau laptop. Hal ini dikarenakan program tersebut menyalin dan menyebar dirinya sendiri. sehingga dapat mengganggu dan menimbulkan kerusakan.

Masalah seperti penyakit tersebut tidak secara langsung merusak pc atau laptop. Virus akan menggandakan dirinya sendiri dan membuat perangkat menjadi over process, misalnya memori tidak memiliki kapasitas penyimpanan. Padahal sebelumnya masih terdapat ruang penyimpanan yang cukup besar, namun Anda tidak menambah file atau dokumen tertentu.

computer-virus-1

Sistem operasi yang paling banyak terserang masalah seperti penyakit adalah Windows, sisanya pada Linux, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM dan Sun Operating System. Anda bisa menggunakan  software pencegah untuk mencegah masalah seperti penyakit menyerang pc atau laptop Anda.

Jenis-Jenis Virus Komputer

Ada beberapa jenis virus komputer yang menyerang pc atau laptop perlu diketahui. Adapun beberapa jenis masalah seperti penyakit tersebut antara lain yaitu:

Memory Resident Virus

Masalah seperti penyakit ini menyerang memori RAM pc atau laptop, sehingga akan membuat performa pc atau laptop menjadi lambat. Selain itu, memory resident masalah seperti penyakit ini dapat mengidentifikasi program pc atau laptop lainnya. jenis masalah seperti penyakit ini otomatis akan aktif saat Anda menyalakan pc atau laptop.

Macro Virus

Masalah seperti penyakit ini menyerang file-file macro seperti .xlx, .pps, .docm dan lain sebagainya. Masalah seperti penyakit ini sering datang  melalui email. Sehingga Anda perlu mewaspadai email-email yang mencurigakan atau email asing yang Anda terima.

FAT Virus

Masalah seperti penyakit ini merupakan virus yang bersifat merusak file-file tertentu.  FAT atau file allocation table akan menyembunyikan file sehingga file seolah-olah hilang. Sehingga apabila file Anda tiba-tiba hilang, bisa jadi FAT virus ini adalah penyebabnya.

Virus Komputer Trojan

Masalah seperti penyakit ini menyerang pc atau laptop yang terhubung dengan internet. Trojan akan menyerang email pengguna. Apabila pc atau laptop terinfeksi masalah seperti penyakit ini, maka peretas akan dapat mencuri data dari dalam pc atau laptop tersebut.Trojan akan mengunci file yang ada di pc atau laptop dan pengguna harus membayar biaya tertentu untuk mendapatkan akses kembali.

Virus Komputer Worm

Tidak jauh berbeda dengan Trojan, masalah seperti penyakit ini menyerang pc atau laptop yang terhubung ke akses internet dan menyebar melalui email. Masalah seperti penyakit ini dapat menggandakan dirinya sendiri, sehingga dapat memenuhi kapasitas memori atau hardisk pc atau laptop.

Virus Komputer Paling Berbahaya

Ada banyak jenis masalah seperti penyakit yang menyerang pc atau justify. Beberapa virus komputer  paling berbahaya dan terkenal bisa menimbulkan kerugian hanya ada beberapa.

computer-virus

Setiap jenis masalah seperti penyakit akan memberikan dampak yang berbeda, sehingga penanganannya juga akan berbeda. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis virus berikut ini dan mewaspadainya.

WannaCry

Masalah seperti penyakit ini menghebohkan dunia pada tahun 2017 dengan melakukan penyerangan  ransomware secara cepat melalui PC di ratusan negara, termasuk Indonesia. Masalah seperti penyakit ini dapat mengunci (enkripsi) file di HDD PC. Kemudian cracker akan meminta bayaran berupa bitcoin untuk mengembalikan akses kepada pemilik/pengguna.

wannacry

Serangan masalah seperti penyakit WannaCry ini terjadi dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui email. Anda harus melakukan pembaruan berkala software pencegah yang digunakan. Serta melakukan cadangan (backup) semua data ke sistem yang terpisah dan selalu waspadai email yang mencurigakan.

Black Shades

Masalah seperti penyakit ini termasuk ke dalam tipe ransomware atau mengunci file/data yang ada di pc atau laptop. Hal ini sama dengan  masalah seperti penyakit WannaCry. Virus black shades pertama kali ditemukan pada tahun 2010. Diperkirakan lebih dari 500.000 pc atau laptop berbasis windows terinfeksi oleh Black Shades.

Apabila pc atau laptop terinfeksi black shades, maka peretas akan memata-matai korban melalui webcam PC, mencuri informasi akun dan file bahkan melihat apa yang pengguna ketik. Sehingga korban harus membayar sejumlah uang apabila ingin memulihkannya.

MyDoom

MyDoom merupakan masalah seperti penyakit dengan penyebaran paling cepat yang pernah ada dan dideteksi pada tahun 2004. Bahkan MyDoom bisa menginfeksi jutaan email dengan  memperlambat akses internet. Penyebaran infeksi tersebut hanya terjadi dalam 36 jam. Selain itu, masalah seperti penyakit ini juga pernah menyebabkan kerugian hingga USD 38,5 miliar pada Microsoft Windows.

MyDoom ini akan mencuri informasi pribadi seperti nama dan email, bahkan nama domain yang digunakan oleh sistem pc atau laptop. Dengan informasi identitas tersebut, peretas akan menggunakan informasi kontak tersebut peretas akan mengirimkan email ke daftar kontak yang ada. Masalah seperti penyakit ini sangat berbahaya, karena dapat menghindari atau menghapus network and security analyzing tools  sehingga akan sulit dideteksi dan dicegah.

Storm Worm

Berbeda dengan jenis masalah seperti penyakit sebelumnya, storm worm ini merupakan virus tipe Trojan Horse. Masalah seperti penyakit ini dapat menginfeksi PC dan menyebarkan spam email. Hal ini dilakukan oleh peretas melalui jarak jauh. Berbahayanya, masalah seperti penyakit ini dapat menginstall rootkit pada PC untuk menyembunyikan program jahat lainnya. sehingga storm worm akan sulit dideteksi.

28135419082302

Masalah seperti penyakit ini menyebar pada januari tahun 2007 di eropa. Penyebaran tersebut bertepatan pada terjadinya badai di eropa. Banyak korban yang menerima email berupa  informasi tentang badai tersebut dan menyediakan tautan palsu untuk meng-install botnet, yaitu program yang dapat mengontrol pc atau laptop dari jarak jauh. Sehingga peretas dapat mengendalikan PC korban tersebut.

ILOVEYOU

Pada tahun 2000, masalah seperti penyakit ini menyebar melalui email dengan subjek “I LOVE YOU” , masalah seperti penyakit ini dapat mengubah malware lainnya, mengubah file dan mengganti data. Selain itu, masalah seperti penyakit ini juga memuat VBScript yang apabila terinstall di PC Anda akan membuat peretas dapat mengakses email korban dan menyebarkan email berisi virus secara  otomatis. Masalah seperti penyakit ini dibuat oleh One de Guzman berasal dari Filipina. Virus ILOVEYOU juga dikenal dengan love letter yang diperkirakan telah menginfeksi 45 juta PC dan menyebabkan kerugian hingga lebih dari USD 8 miliar.

Cara Mengatasi Virus

Setelah mengenal jenis-jenis virus yang menyerang pc atau laptop, maka selanjutnya bagaimana cara untuk mengatasi masalah seperti penyakit tersebut? Anda dapat memanfaatkan software pencegah yang bisa diinstal di pc atau laptop Anda. Software pencegah dapat mencegah penyebaran program yang dapat menggandakan dirinya sendiri. selain itu, Anda juga harus melakukan scanning pc atau laptop secara berkala.

Adapun untuk menghindari masalah seperti penyakit yang menyebar melalui email, Anda  dapat mewaspadai email mencurigakan yang memuat link atau tautan tertentu dan menggunakan software pencegah, seperti Trojan Remover.