Lakukan Cara Ini Agar Hardisk Eksternal Tetap Awet

Hardisk seperti hardisk eksternal dipergunakan untuk menyimpan file. Seperti gambar, musik, video bahkan aplikasi. Hardisk atau HDD ini umumnya memiliki kapasitas 500 GB. Sedangkan untuk HDD eksternal, kapasitas umumnya memiliki kapasitas minimal 500 GB. Paling besar yang ada di pasaran saat ini adalah 2 TB.

Karena HDD eksternal sering digunakan untuk menyimpan data dan kerap ‘dicolokkan’. Tepatnya dari komputer yang satu ke komputer yang lainnya. Maka Anda harus merawat dan menggunakan HDD eksternal dengan baik dan benar.

hardisk eksternal

Jangan sampai baru beberapa kali dipergunakan, HDD eksternal Anda sudah tidak bisa digunakan dengan baik. Untuk itu, cara perawatan berikut ini, bisa membantu Anda untuk menjaga agar HDD eksternal Anda lebih panjang usianya.

Perhatikan Saat Colok Mencolok Hardisk eksternal

Menghubungkan dan mencabut HDD eksternal terkesan sederhana, namun, jika salah akan menyebabkan hardisk eksternal tidak terbaca. Akibatnya, Anda tidak bisa mentransfer atau sekedar membaca data yang tersimpan di HDD tersebut.

Sebelum Anda menghubungkan HDD dengan laptop atau PC Anda, pastikan jika slot dan USB HDD dalam kondisi yang bersih dan tidak berair atau basah. Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan menghubungkan dan mencabut HDD eksternal, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Jangan Sering Mencabut dan Memasang USB

Hindari untuk mencabut-pasang kabel USB dengan cepat dan dilakukan berkali-kali dalam waktu yang singkat. Hal ini tidak hanya akan membuat slot menjadi merenggang dan rusak namun juga akan membuat kepala konektor menipis. Akibatnya, kontak antar tembaga menjadi tidak sempurna. Sehingga menyebabkan aliran listrik dan arus data menjadi terganggu serta merusak controller.

Jika hal tersebut kerap dilakukan, alat ini akan menjadi lebih mudah rusak. Selain itu, juga akan menyebabkan komputer eror misalnya dalam hal mendeteksi device yang masuk. Atau jika device nya terhubung dengan komputer.

Selalu Gunakan Mode Safe

Ketika hendak mencabut HDD, pastikan jika Anda menggunakan mode safe. Caranya adalah dengan melakukan klik di bagian bawah tepatnya di bagian icon USB. Kemudian klik kanan atau klik biasa dan pilih safe remove hardware. Tujuan dari dilakukannya cara ini adalah untuk memastikan agar data yang sudah tersimpan di bagian cache memori sudah benar-benar terhapus. Sehingga tidak merusak data yang ada di dalam hardisk.

Jika saat hal ini dilakukan tetap tidak bisa, maka Anda harus menutup semua file yang berkaitan dengan hardisk tersebut termasuk windows explorer. Hindari untuk mencabut dengan paksa. Karena bisa saja hal tersebut akan menyebabkan HDD menjadi rusak dan data yang tersimpan bisa hilang atau rusak.

Jangan Memegang Kabel Saat Mencabut

Saat mencabut, hindari untuk memegang kabelnya. Cara yang tepat ketika melepaskan hardisk eksternal terbaik yang terhubung di komputer Anda adalah dengan memegang bagian kepala konektor USB-nya. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar bagian outlet dan kabel tidak mudah rusak.

Perhatikan Posisi Peletakan Hardisk

Agar HDD Anda apalagi hardisk eksternal murah yang Anda beli lewat promo khusus tidak cepat rusak. Maka anda juga harus memperhatikan posisi atau letak HDD tersebut. Hindari untuk meletakkan HDD eksternal di tempat berikut ini.

Tempat Basah

Tempat yang basah adalah tempat yang paling dihindari untuk menyimpan alat tersebut. Hal ini tidak hanya disebabkan karena HDD eksternal sensitif terhadap air namun juga agar air tidak menyusup masuk ke bagian dalam HDD yang bisa merusak komponen HDD. Bahkan jika terjadi konsleting, Anda bisa saja tersetrum terutama jika memegang bagian kepala kabel yang terhubung dengan HDD.

Karena hal tersebut, sebaiknya letakkan HDD eksternal di tempat yang kering dan jauh dari cairan. Termasuk jauh dari gelas sehingga jika gelas jatuh dan air tumpah, tidak mengenai bagian HDD.

Tempat yang Penuh dengan Benda Magnetik

Banyak yang tidak menyadari jika medan magnet dari benda eletronik bisa mengganggu atau merusak komponen yang ada di HDD eksternal. ini disebabkan karena jika benda dengan medan magnet tersebut didekatkan ke HDD, maka akan terjadi gerakan tarik menarik antar komponen sehingga timbul medan magnetic yang akan merusak komponen pada HDD eksternal.

Selain itu, walaupun Anda sudah meletakkan HDD eksternal di tempat yang rata, namun, saat Anda mengkoneksikannya dengan komputer maka Anda juga harus memperhatikan posisi dari HDD tersebut. Angan sampai posisi HDD menjadi miring karena hal tersebut justru akan menyebabkan kerusakan tidak hanya untuk HDD namun juga slot komputernya. Misalnya slot komputer menjadi longgar.

Beri ‘Angin’ pada Hardisk Eksternal

Maksud dari angin adalah sirkulasi udara yang baik atau setidaknya udara yang tidak lembab agar temperature HDD terjaga dengan baik. Hindari meletakkan atau menggunakan HDD eksternal di tempat yang panas atau yang mengurung panas seperti di bantal, kasur ataupun karpet dan sebaiknya posisikan di tempat yang tidak terlalu baik menghantarkan panas. Misalnya di lantai.

hardisk eksternal

Hal ini disebabkan karena jika HDD eksternal memiliki temperatur yang panas maka akan merusak bagian dalam atau komponen pada HDD. Akibatnya, jika tidak diatasi, akan merusak HDD seperti HDD menjadi tidak bisa terbaca saat dikoneksikan dengan komputer. Jika memang terpaksanya Anda berada di tempat dengan cuaca yang panas, agak jauhkan HDD dari komputer ataupun badan Anda dan jangan diletakkan di kasur atau karpet.

Pastikan Hardisk Eksternal Tidak Terguncang

Terkadang, karena hardisk eksternal sudah dilengkapi dengan case yang melindungi HDD, banyak yang mengguncang-guncangkannya atau meletakkannya di sembarang tempat, misalnya di tas, lalu diayun-ayunkan. Goncangan yang Anda lakukan tersebut itu bisa membuat bagian dalam atau komponen menjadi eror.

Selain mengguncangkannya atau meletakkannya di atas speaker atau di media yang tidak rata, membanting harddisk juga akan membuat HDD menjadi rusak. Karena hal tersebut, maka Anda harus menghindari guncangan dan bantingan pada HDD jika Anda ingin HDD Anda tetap dalam kondisi yang baik.

Jika Anda kerap membawanya kemanapun, sebaiknya gunakan case tambahan misalnya yang sudah dilengkapi dengan busa sehingga mampu menghalau getaran atau guncangan saat Anda menyimpannya di dalam tas.

Gunakan Kabel Y untuk Hardisk Eksternal

Jika Anda ingin menggunakan alat ini dengan baik dan berumur panjang, maka Anda juga harus memperhatikan pasokan listrik yang masuk ke HDD tersebut apakah stabil atau tidak. Jika tidak stabil maka akan membuat HDD rusak. Sedangkan jika terpaksanya Anda harus menstabilkan arus listrik sendiri karena alasan tertentu, Anda bisa menggunakan kabel Y.

hardisk eksternal

Itulah cara itu untuk merawat agar hardisk eksternal yang Anda miliki tidak cepat rusak. Namun, untuk antisipasi, sebaiknya Anda juga melakukan backup file terutama file yang sangat penting untuk menghindari kerusakan yang disebabkan karena hal yang tidak terduga. Misalnya tersenggol teman dan kemudian terjatuh dan HDD rusak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.