Masalah Bluescreen dan Cara Mengatasinya

Istilah bluescreen mungkin belum terlalu familiar bagi Anda namun istilah tersebut sudahlah melekat bagi para ahli teknologi. Bluescreen atau layar biru biasanya muncul ketika komputer ataupun laptop mengalami kerusakan sistem dengan tanda layar berwarna biru dan berbagai tulisan-tulisan program.

Pengertian Bluescreen

Umumnya banyak pengguna komputer dan juga laptop merasa terganggu dan sangat khawatir apabila tiba-tiba saja muncul bluescsreen tersebut. Hal ini dikarenakan tampilan layar biru tersebut menyebabkan segala aktivitas dengan perangkat komputer menjadi terganggu bahkan diatasi dengan menekan tombol keyboard pun tetap saja tidak bisa.

Hal ini sungguh membuat frustasi hampir sebagian besar pengguna komputer, apalagi yang mereka tahu selama ini komputer dan juga laptop dalam kondisi aman dan baik-baik saja. Namun apakah Anda pernah mengalami kejadian serupa?

Sudah pasti ada akibat maka ada penyebabnya. Tidak mungkin komputer dan juga laptop Anda tiba-tiba saja muncul ini tanpa ada penyebabnya. Bisa jadi beberapa penyebab tiba-tiba munculnya layar biru tersebut Anda  tidak pernah sadari selama ini. Jadi apabila kondisi perangkat Anda dirasa masih baik-baik saja, maka ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab terjadinya bluescreen agar Anda lebih berhati-hati lagi.

Pertama, terjadinya kegagalan sistem kinerja software. Software bisa saja tiba-tiba berhenti bekerja ketika terjadinya Error Stop yang menyebabkan kinerja mengalami kegagalan kinerja. Kedua, bisa juga disebabkan oleh gagalnya kinerja hardware pada perangkat Anda yang sistemnya sama dengan kegagalan pada software.

Penyebab Secara Khusus

Penyebab pertama dan kedua masih dalam pembahasan umum. Maka selanjutnya akan dibahas penjelasan secara mendetail agar lebih memudahkan pemahaman Anda. Ini bisa saja terjadi karena rusaknya driver pada komputer. Lalu kesalahan pada pengolahan file system yang biasanya menyerang bagian harddisk pada perangkat Anda.

Penggunaan komputer atau laptop berjam-jam dalam waktu lama juga bisa memicu munculnya layar biru. Mesin akan menjadi sangat panas atau dikenal dengan istilah over heat sehingga menyebabkan alirna listrik terus menerus tanpa henti. Jadi gunakanlah laptop ataupun komputer seperlunya saja dan jika harus dipakai dalam waktu lama gunakanlah alat tambahan berupa kipas portable yang bisa diletakkan di bawah mesin.

Penyebab lainnya dari munculnya layar biru adalah terjadinya kerusakan RAM pada slot motherboard. Hal ini bisa saja disebabkan oleh banyaknya memori yang tersimpan bahkan terserang virus berbahaya. Kerusakan RAM juga bisa menyebabkan perangkat Anda mati total. Jadi rutinlah melakukan pemeriksaan perangkat Anda agar terhindar dari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.

Terakhir munculnya bluescreen dapat diakibatkan karena adanya kerusakan pada proses booting yang meliputi boot sector dan boot device. Bisa jadi disebabkan oleh ketidak sesuaian boot dengan windows atau juga diakibatkan boot sudah terserang virus yang snagat berbahaya dalam waktu lama dan berjumlah lama. Jadi setelah Anda mengetahui beberapa penyebab tersebut ada baiknya Anda lebih hati-hati dalam penggunaan komputer ataupun laptop sebagai pembantu kinerja tugas sehari-hari.

Sistem Tersebut Mengganggu Kinerja

Mungkin Anda bertanya apakah dengan munculnya layar biru tiba-tiba bisa berakibat pada terganggunya aktivitas Anda? Jawabannya adalah IYA. Misalkan Anda sedang mnegetik di Microsoft word lalu tiba-tiba saja laptop atau komputer Anda mengalami kegagalan kinerja dengan ciri-ciri komputer menjadi nge-hang tiba-tiba.

Kemudian layar pada komputer atau laptop Anda berubah menjadi warna biru lengkap dengan tulisan-tulisan aneh. Lalu hasil ketikan Anda pun hilang seketika. Akhirnya demi melancarkan sistem kinerja komputer Anda maka Anda menekan tombol power dan mengulang proses dari awal. Sungguh mengganggu karena seluruh ketikan Anda akan hilang begitu saja jika Anda tidak meng-savenya terlebih dahulu sebelum peristiwa bluescreen terjadi.

Namun apabila Anda ketika sedang bekerja dan mengalaminya tiba-tiba maka Anda jangan panic terlebih dahulu. Terkhusus bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 7 maka ada carra mudah mengatasi kejadian layar biru pada perangkat komputer dan juga laptop Anda. cara-cara tersebut cenderung mudah untuk Anda lakukan.

Cara Mengatasi Masalah Gangguan Bluescreen pada Windows 7

Cara pertama adalah dengan merestart ulang komputer atau laptop Anda. Jika layar sudah penuh dengan kode bluescreen Windows 7, maka cara termudah adalah cukup dengan menekan tombol Alt+F4 secara bersamaan dalam waktu sedikit lama sampai komputer atau laptop Anda mati dan mengulang sistemnya kembali.

Cara kedua juga cukup mudah, yaitu dengan menggunakan safe mode. Caranya tekan tombol power lalu biarkan sampai perangkat mati. Setelah itu hidupkan kembali, kemudian klik tombol F8 dan selanjutnya pilih sistem safe mode dan dengan sendirinya perangkat Anda akan merestart ulang.

Cara ketiga juga mudah, apabila Anda mempunyai aplikasi anti virus maka gunakanlah untuk melakukan scan pad mal ware yang menjangkit perangkat Anda. Setelah dilakukan proses scanning maka akan muncul apa saja virus yang menyerang dan bisa Anda hilangkan virus tersebut. Jadi sangat disarankan untuk memakai program anti virus terbaru.

Cara terakhir adalah dengan menginstall ulang windows pada perangkat Anda. Cara ini adalah cara paling terakhir apabila komputer Anda tetap error dengan adanya layar biru tersebut. Apabila Anda kurang paham maka Anda bisa meminta tolong kepada para ahli untuk segera menyelamatkan komputer maupun laptop Anda.

Cara Mengatasi Jika Terjadi pada Windows 8

Anda yang menggunakan windows 8 dan tiba-tiba laptop atau komputer Anda nge-hang lalu mengalami bluescreen maka ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah dengan memeriksa bagian action center. Caranya Anda klik tombol start pada desktop lalu pada mesin pencarian ketik Problem Reports and Solutions. Selanjutnya pilih view all problem reports dan dari data tersebut akan ditampilkan sistem apa saja yang error kinerjanya.

Kedua biasanya pada perangkat laptop atau komputer ketika terjadi permasalahan sistem akan muncul menu layanan online diagnostic dengan syarat Anda harus terhubung langsung dengan data seluler atau osisi bisa terkoneksi internet. Cara tersebut akan memberi tahukan kepada Anda apa saja permasalahan yang terjadi dan bagaimana penyelesaiannya.

Cara terakhir apabila komputer maupun laptop tidak merespon sama sekali begitu juga dengan tombol keyboardnya maka lakukanlah dengan browsing di internet menggunakan perangkat lain yang masih hidup seperti handphone. Dari perangkat tersebut maka Anda bisa gunakan beberapa tutorial cara mengatasi permasalahan pada windows 8 yang sedang Anda alami.

Cara Mengatasi pada Windows 10

Permasalahan bluescreen windows 10 juga kerap terjadi pada sistem. Meski terbarukan namun bisa saja error yang tak terduga pun terjadi. Sama halnya dengan kejadian pada windows 7 dan 8, pertama Anda jangan khawatir terlebih dahulu. Lalu ikutilah beberapa langkah berikut ini.

Pastikan Anda mengklik tombol menu start pada desktop lalu pilih bagian update and recovery. Selanjutnya klik bagian Recovery lalu start up dan lakukan restart. Maka komputer maupun laptop Anda akan terestart dengan otomatis.

Setelah melakukan proses restart maka lakukanlah proses Restore dengan cara akan muncul automatic repair. Selanjutnya akan muncul layar “Choose an option”. Pilih Troubleshoot kemudian klik bagian Advanced options dan terakhir pilih System Restore. Nanti akan muncul menu restore point yang menampilkan beberapa kendala permasalahan pada perangkat Anda sehingga bisa Anda atasi.

Itulah penjelasan yang perlu Anda ketahui. Setidaknya dengan kehadiran layar biru tersebut bisa memberikan informasi kepada Anda bahwa perangkat yang sedang Anda gunakan mengalami permasalahan sistem yang perlu segera diperbaiki.