Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, mengingat hampir setiap hari kita melibatkan topologi jaringan dalam setiap aktivitas kita dengan menggunakan komputer. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung dengan komputer satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi. Sehingga komputer dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagai perangkat keras komputer lainnya.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Umumnya di dalam jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data. Peranan serta hubungan tiap komputer untuk memproses data, dan berdasarkan jenis topologi apa yang digunakan pada komputer. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis topologi jaringan komputer:

Berdasarkan Jangkauan Geografis

Laptop, Komputer, Teknologi, Monitor, Internet, Bisnis

1. LAN (Local Area Network)

Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN merupakan jaringan yang hanya mencakup sebagian wilayah saja pada komputer, semisal jaringan yang berada di warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN ini luas areanya adalah 1 km persegi. Dan biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan untuk mentransfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet, bahkan tidak sedikit pula yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jenis jaringan LAN.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau biasa disingkat MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data dengan kecepatan yang tinggi. Bisa dikatakan, jaringan MAN ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN ini umumnya berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi untuk membuat rancangan menjadi lebih simple.

3. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau biasa disingkat WAN merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, misalnya saja sebuah negara bahkan benua. WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal. Sehingga pengguna komputer tersebut dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang jauh, karena kemampuan jaringan WAN ini sangat luas.

Topologi Jaringan

Hidangan, Abu Abu, Ikon, Jaringan, Satelit, Topologi

Topologi jaringan komputer adalah metode atau konsep yang digunakan untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi satu jaringan interkoneksi. Dan segala jenis topologi jaringan komputer tersebut akan berbeda dalam hal kecepatan transmisi data, biaya sampai dengan pembuatan, serta kemudahan proses pemeliharaan yang mudah. Dan juga jenis keuntungan jaringan topologi komputer juga dalam hal ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada banyak jenis topologi seperti topologi ring, star, bus, mesh, dan tree yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Ring (Cincin)

Hasil gambar untuk topologi ring

Dalam topologi cincin maka setiap komputer akan saling terhubung ke komputer lain, dan seterusnya sampai komputer akan kembali lagi ke komputer yang pertama. Dan membentuk lingkaran yang disebut dengan cincin sesuai dengan namanya, topologi ini berinteraksi dengan menggunakan token. Data untuk mengontrol hak akses untuk komputer menerima data, seperti misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 terlebih dahulu yang akan diterima oleh komputer 4. Sehingga komputer akan melanjutkan mengirim data jika alamat IP tujuan tidak ada.

  • Keuntungan dari topologi jaringan komputer jenis cincin ini dalam proses instalasi dan kemudahan instalasi, gunakan sedikit jumlah kabel lan sehingga dengan penggunaan yang sedikit akan menghemat biaya.
  • Kekurangnya yang dari topologi jaringan komputer ini yang paling fatal adalah, jika salah satu dari komputer atau kabel bermasalah, maka transmisi data akan terganggu bahkan bisa menyebabkan kesalahan yang fatal

2. Topologi Bus

Hasil gambar untuk topologi bus

Jaringan komputer jenis yang kedua yaitu topologi bus sebagai antrian dan hanya menggunakan satu kabel coaxial untuk setiap komputer yang terhubung ke kabel. dengan menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung kabel koaksial tersebut harus diakhiri dengan sebuah terminator.

  • Keuntungan dari topologi bus ini hampir sama dengan topologi cincin, yang dimana dalam penggunaannya tidak banyak kabel yang digunakan dan pemasangan juga menghemat biaya.
  • Kekurangnya topologi bus adalah kasus gangguan atau masalah yang terjadi pada satu komputer, maka dapat mengganggu jaringan komputer yang lain. Dan untuk penggunaan topologi bus ini juga sangat sulit untuk mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh jika menggunakan repeater

3. Topologi Star

Topologi star ini dibentuk seperti bintang karena semua komputer yang terhubung ke hub atau switch menggunakan kabel UTP. Sehingga hub / switch sebagai pusat jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data yang terhubung, sehingga jika satu komputer ingin mengirimkan data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch. dan data akan langsung mengirimkannya ke komputer tujuan tanpa melalui jaringan komputer yang lainnya. Topologi komputer jenis star ini adalah yang paling banyak digunakan karena memang keuntungan yang lebih dalam penggunaan topologi star ini.

  • Keuntungan dari topologi star ini yaitu Anda akan sangat mudah untuk mendeteksi di mana komputer rusak, selain itu Anda juga mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan tanpa harus mengganggu komputer lain. Dan tingkat keamanan data dengan jenis topologi jaringa ini juga lebih tinggi,.
  • Kelemahan dari penggunaan topologi jaringan komputer star ini, membutuhkan biaya tinggi untuk instalasi. karena topologi jaringan star membutuhkan banyak kabel dan switch / hub, dan stabilitas jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch / hub terganggu, maka seluruh jaringan juga akan terganggu.

5. Topologi Mesh

Dalam topologi jaringan komputer mesh ini setiap komputer akan terhubung ke komputer lain lewat jaringan dengan menggunakan kabel tunggal. Sehingga proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lain atau dengan switch atau hub.

  • Kelebihan topologi mesh ini adalah proses pengiriman yang cepat dan tanpa melalui komputer lain. Jika salah satu komputer terjadi kerusakan maka tidak akan mengganggu komputer lain.
  • Kekurangan dari topologi mesh ini adalah jelas jika penggunaan topologi mesh ini akan mengambil banyak biaya karena memerlukan jumlah yang sangat besar pada kabel dan masing-masing komputer harus memiliki port I / O dalam prosesnya. selain itu proses instalasi juga sangat rumit untuk dilakukan.

6. Topologi Tree

Topologi jaringan komputer Tree adalah kombinasi dari beberapa topologi jaringan lainya, yaitu topologi star yang menghubungkannya dengan topologi bus, sehingga setiap topologi star akan terhubung ke topologi bintang lain. Maka akan menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini ada beberapa tingkatan jaringan dalam penghubungannya, dan jaringan pada tingkat yang lebih tinggi juga dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat jaringan yang lebih rendah.

  • Kelebihan dari topologi tree ini yaitu mudah untuk menemukan kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan ke jaringan jika memang diperlukan.
  • Kurangnya dari topologi tree yaitu dalam penggunaannya menggunakan banyak kabel, sering tabrakan dan lambat. jika kesalahan terjadi di tingkat jaringan yang tinggi, maka jaringan tingkat rendah juga akan terganggu.

6. Topologi Linier (Topologi Runtut)

Hasil gambar untuk topologi linier

Topologi linier atau disebut juga sebagai topologi bus beruntut, yaitu topologi jaringan dengan tata letak jenis ini adalah tata letak umum. Satu kabel utama menghubungkan ke tiap titik koneksi komputer yang terhubung pada konektor yang disebut Connector-T. Konektor BNC ini juga digunakan dengan jenis British Naval Connector: Konektor Maritime Inggris, sebenarnya BNC nama konektor bukan nama kabel, kabel yang digunakan adalah RG 58 atau disebut dengan istilah thinnet kabel coaxial.

Pemasangan topologi bus beruntut juga sangat sederhana dan tidak banyak mengeluarkan banyak biaya tetapi hanya bisa terdiri dari 5-7 komputer.

Keuntungan Topologi Line:

  • Dapat menyimpan kabel
  • Tata letak kabel tidak ruwet atau sederhana
  • Mudah untuk dikembangkan
  • Tidak perlu melakukan pusat kontrol

Kelemahan Topologi Line:

  • Deteksi dan isolasi jaringan kesalahan sangat kecil
  • Kepadatan lalu lintas yang tinggi
  • Keamanan data kurang diandalkan
  • Kecepatan akan menurun bila jumlah penggunanya meningkat
  • Repeater diperlukan untuk jarak yang jauh

7. Topologi Hybrid

Topologi Hybrid ini yaitu Kombinasi dari dua atau lebih topologi yang berbeda untuk membuat topologi hybrid. Ketika topologi dasar yang berbeda saling terhubung satu sama lain, mereka tidak akan menampilkan karakteristik dari setiap satu topologi tersebut. Ini adalah proses ketika menjadi topologi hybrid.

Kelebihan Topologi Hybrid:

  • Fleksibilitas dalam penggunaannya

Kekurangan Topologi Hybrid:

  • Pengelolaan yang sulit
  • Biaya yang dikeluarkan cukup mahal
  • Instalasi dan konfigurasi dari topologi jaringan sulit

Demikian informasi mengenai Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk mengetahui topologi jaringan internet dan bagi ilmu pengetahuan kita semua.