8 Macam Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Website

Bahasa pemrograman atau dikenal juga dengan nama bahasa pemrograman komputer yaitu bahasa yang digunakan untuk membuat para pengembang atau programmer bisa memerintahkan komputer untuk menjalankan suatu program sesuai dengan aturan logika yang telah ditentukan. Jika sebuah bahasa bisa dimengerti oleh komputer, maka seorang programmer bisa mengatur data apa saja yang perlu diolah sesuai dengan instruksi untuk program yang dibuat

Perkembangan teknologi yang berkembang saat ini mendorong banyak orang untuk belajar bahasa pemrograman. Salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan website yang dibuat mereka melalui internet. Dan dengan perkembangannya sampai saat ini setidaknya sudah ada lebih dari 600 bahasa komputer di dunia. Bukan tidak mungkin seluruh bahasa komputer atau pemrograman tersebut akan Anda kuasai. Hanya saja, biasanya seorang programmer tidak menggunakan semua bahasa komputer yang telah ada. Suatu proyek umumnya hanya menggunakan beberapa bahasa pemrograman komputer dan menyesuaikan dengan program yang dibuat.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Hasil gambar untuk bahasa pemrograman

Berikut ini adalah macam-macam bahasa pemrograman web yang banyak dicari di Google dan PYPL PopularitY of Programming Language sebagai bahasa pemrograman untuk membuat website.

Java

Hasil gambar untuk java

Dalam sejarahnya, Java adalah dikembangkan pada tahun 1991. Logo yang digunakan Java ini menggambarkan kopi yang diseduh. Sejak tanggal 23 Mei 1995 dirilis, Java dan langsung naik menjadi bahasa favorit yang digunakan programmer. Java memberikan nuansa baru dalam perkembangan teknologi informasi khususnya dalam pembuatan website. Ditambah, pada saat itu Sun memberikan source code Java secara cuma-cuma dengan melalui internet. Kekuatan open source membuat Java mudah berkembang dan telah dikenal oleh banyak pengembang.

Java merupakan program bahasa website yang paling populer di kalangan programmer pada tahun 2018. Persentase pencarian sebesar 22.62 % dari total pencarian yang dilakukan pada mesin pencari Google. Fungsi java tidak hanya untuk membuat aplikasi desktop saja, namun juga java digunakan untuk membuat aplikasi mobile.

Python

Python ini dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di Stichting Mathematisch Centrum (CWI), Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Python lebih banyak digunakan oleh perusahaan besar dalam pengembangannya seperti untuk NASA, Instragam, Google, Yahoo, Reddit, dan juga situs streaming video populer yakni YouTube. Jika dikategorikan dalam tingkatan bahasa komputer, Pyhton tergolong ke dalam pemorgraman bahasa dengan tingkat yang tinggi. Sama seperti Java, fungsi Phyton ini bisa digunakan untuk membangun aplikasi dari website dan mobile.

Popularitas Python sebesar 22.05% dari total responden berdasarkan pencarian yang dilakukan oleh Google Search dan cenderung meningkat seiring dengan penggunaannya. Jika Anda baru memulai belajar tentang pemrograman, Anda bisa mencoba Python yang cukup mudah untuk dipelajari. Selain itu masih banyak kelebihnya seperti, sintaks yang digunakan tidak rumit dan cukup sederhana

Namun, kekurangan dari Python ini mungkin akan sedikit menyulitkan, seperti beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, seperti bahasa dinamis lainnya, Python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti program bahasa kompilasi seperti bahasa program C.

Javascript

Hasil gambar untuk javascript

JavaScript telah dimulai pada tahun 1994, ketika internet dan website sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam penggunaannya. Website pada saat itu umumnya dibuat menggunakan PERL yang pemrosesannya tersebut hanya bisa dilakukan di sisi web server.

Javascript menempati urutan ketiga dengan persentase pencarian di Google sebesar 8.56 % setelah Python. Fungsi JavaScript yaitu mampu mengembangkan website yang menarik dan interaktif. Maka tidak heran jika banyak website yang menggunakan Javascript pada kode program di dalamnya. Tidak mengherankan juga karena Javascript dipilih untuk membuat suatu website.

Tidak hanya digunakan untuk membuat website, penggunaan JavaScript juga mengarah ke pengembangan aplikasi-aplikasi lain. Seperti aplikasi mobile, game, dan desktop. Jadi tentunya JavaScript menjadi program bahasa yang sudah cukup populer dan tidak asing dikalangan pengembang website.

Kelebihan penggunaan Javascript ini sepertinya tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil), tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil), dinamis, dan mudah jika dikembangkan. Namun, kekurangan dari Javascript ini masih memiliki keterbatasan objek.

PHP

Popularitas PHP sebagai pemrograman bahasa untuk website sebesar 8.22% dan sudah lebih dari 10 juta website di dunia sudah menggunakan ini.

Sejak dikembangkan pada tahun 1994, PHP menjadi bahasa komputer yang sudah ukup populer untuk mengembangkan website. Banyak website besar yang sudah menggunakan bahasa ini sebagai salah satu komponennya. Sebagai contoh Content Management System (CMS) seperti WordPress dan Joomla dibuat dengan bahasa komputer dasar yakni PHP. Facebook dan Wikipedia juga menjadi salah satu pengguna ini.

PHP memiliki kelemahan security tertentu yakni apabila programmer tidak jeli dalam melakukan pemrograman dan kurang memperhatikan isu dan konfigurasi dari PHP. Tidak ideal untuk pengembangan dengan skala besar. Berbeda dengan java, fungsi PHP ini tidak memiliki sistem pemrograman berorientasi objek yang sesungguhnya yang sampai saat ini sudah 4 versi. Selain itu tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logik dengan baik.

Swift

Hasil gambar untuk bahasa pemrograman swift

Bahasa Swift ini merupakan bahasa pengantar untuk pengembang Mac, dan iOS dan menjadi platform utama dari perusahaan besar Apple. Bahasa pemrograman dari Swift ini dianggap aman. Hal ini dikarenakan Swift memiliki manajemen memori yang sangat bagus dalam pengaplikasiannya. Ini membuat para developer tidak perlu takut permasalahan tentang manajemen memori yang dapat terjadi.

Matlab

Selanjutnya adalah Matlab yang mempunyai persentase pencarian sebanyak 2.31 % di Google dan hampir sama dengan bahasa Swift. Matlab (Matrix Laboratory) merupakan program yang digunakan untuk melakukan analisis juga komputasi dengan data numerik.

Matlab dibuat sekitar tahun 1970 oleh Cleve Moler. Pada saat ini Moler merancang bahasa ini untuk memberikan akses bagi mahasiswa dalam memakai LINPACK dan EISPACK tanpa harus mempelajari Fotran. Linpack merupakan librari komputasi numeric yang ditulis dengan menggunakan bahasa Fotran. Karya Moler ini langsung mendapatkan sambutan hangat di dan menyebar ke banyak universitas.

TypeScript

TypeScript ini masih asing dan tidak banyak yang mengenal bahasa komputer ini. TypeScript adalah suatu yang dibangun dengan berdasarkan JavaScript. Perbedaannya, pada TypeScript teradapat tambahan fitur strong-typing & konsep pemrograman OOP klasik yakni class dan interface. TypeScript juga cukup populer karena mempunyai pencarian sebesar 1.58 % dengan kecenderungan naik 0.5 %.

HTML

Hasil gambar untuk html

Yang terakhir ada HTML berasal dari penggunaannya bernama GML ( Generalized Markup Language) yang dikembangkan oleh IBM pada sekitar tahun 1980 dan berkembang menjadi SDML. HTML sendiri merupakan bagian dari SDML yang bisa digunakan untuk dalam proses kita browsing internet.

Demikian pembahasan mengenai 8 Macam Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Website. Semoga bermanfaat.