Tips dan Trik Mempercepat Akses Internet

Cara Mempercepat Akses Internet

Perlu diketahui bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi Kecepatan Internet, namun Ada banyak juga cara yang dapat dilakukan untuk mencoba meningkatkan, mengoptimalkan, juga mempercepat koneksi internet, dan hasilnya bisa dirasakan hanya dalam waktu yang singkat.

Pada pembahasan ini memuat pembahasan tentang cara mempercepat koneksi internet, yang merupakan seri dari bahasan sebelumnya yang sangat bermanfaat bagi Anda.

Pada dasarnya kecepatan koneksi internet sangat bergantung pada bandwidth yang telah disediakan oleh masing-masing ISP (Internet Service Provider) pada komputer Anda, namun kita bisa menggunakan bandwidth dengan cara seoptimal mungkin. Berikut adalah cara mempercepat koneksi internet hanya dalam beberapa langkah yang dapat dilakukan dan mudah dipraktekkan bagi Anda.

  1. Pengaturan Bandwidth Internet

Pengaturan bandwidth internet ini biasa berjalan dilatar belakang ketika terkoneksi internet dan biasanya berjalan secara otomatis pada komputer Anda tanpa disadari oleh pengguna komputer itu.

Pengaturan sebagai berikut:

  1. Klik Start (Simbol Ikon Windows).
  2. Ketik pada kotak pencarian “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) lalu klik Enter.
  3. Pada Computer Configuration, klik panah kecil pilih Administrative Templates, pilih Network.
  4. Klik QoS Packet Scheduler.
  5. Klik Limit reserveable bandwidth dan pilih enabled, kemudian pada options, bandwidth limit (%) lalu masukan angka 0, kemudian klik Apply dan OK.
  1. Pengaturan Sistem Windows

Mempercepat Internet

Sistem Windows services memiliki properti yang secara otomatis berjalan sebagai layanan tambahan bagi komputer. Layanan ini biasanya mengkonsumsi tingkat memori dan mempengaruhi kecepatan internet pada komputer.

Dengan tujuan untuk mengurangi waktu jeda (delay) dalam prosesnya mengakses internet, sistem tersebut dapat diatur secara manual dengan cara sebagai berikut:

  1. Klik Start (Ikon Windows), ketik pada kotak pencarian “services.msc” (tanpa menggunakan tanda kutip), kemudian klik Enter
  2. Klik 2 kali untuk pengaturan otomatis atau manual terhadap property yang dimana layanan tersebut tidak termasuk yang utama dan jarang digunakan yaitu; Diagnostic Policy Service, Distributed Link Tracking Client, Offline Files, Performance Logs & Alerts, Program Compatibility Assistant Service, Secondary Logon, Windows Error Reporting Service, dan Windows Image Acquisition (WIA)
  1. Optimalkan dengan Mempercepat Kinerja Komputer

Kinerja komputer dan laptop sangat mempengaruhi terhadap aktivitas yang ada di dalamnya, terutama saat menggunakan atau akses internet. Ini berpengaruh terhadap kecepatan suatu sistem untuk memproses data-data dengan secara signifikan.

Setidaknya lakukanlah pembersihan hard disk secara berkala, seperti yang di bawah ini:

  1. Disk Clean Up
  2. Disk Defragment

Khusus untuk Disk Defragment aturlah supaya berjalan secara manual agar tidak menambah beban pemprosesan data pada saat melakukan aktivitas pada komputer Anda.

  1. Optimalkan Kinerja Komputer dengan Terbebas dari Virus

Jalankan virus scan menggunakan antivirus terbaik pilihan Anda dan setidaknya sekali seminggu atau periode tertentu untuk bersihkan data dari virus. Virus, Adware, Spyware, Malware, dapat sangat mengurangi kecepatan koneksi internet Anda, serta berpengaruh terhadap informasi dan identitas dari pengguna.

Memiliki satu program antivirus, setidaknya dapat menjaga komputer atau laptop bebas virus terutama ketika mengakses internet.

  1. Perbaharui atau Update Pada Browser Internet Secara Berkala

Seiring berjalannya waktu, teknologi banyak mengalami perubahan, begitu pula banyak sekali penerapan yang baru terhadap suatu halaman internet dan ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan suatu peramban atau biasa disebut browser untuk menyajikan halaman internet.

Agar seiring dengan perkembangan teknologi, maka perbaharuilah secara berkala menggunakan browser yang Anda gunakan dan tercepat favorit tersendiri atau bisa juga memakai browser alternatif untuk menambah pengalaman bagi Anda.

  1. Periksa Program yang Menggunakan Internet

Seringkali kecepatan koneksi internet dipengaruhi oleh banyak program lain yang berjalan di latar belakang tanpa disadari oleh pengguna program tersebut. Hal ini dapat menyebabkan pembagian bandwidth internet yang umumnya diterapkan otomatis yang nantinya pada kebanyakan program, bahkan sistem windows itu sendiri, misalnya saja pembaharuan (update) otomatis yang dilakukan komputer.

Pertimbangkanlah untuk memperbaharui secara manual, agar pemakaian bandwidth dapat digunakan secara maksimal ketika dalam mengakses internet.

Sebagai contoh untuk pengaturan update manual atau otomatis pada sistem windows 7/8 anda bisa Klik Start (Ikon windows), Control Panel, System and Security, Action Center, Change Action Center Settings, lalu pilihlah dengan seksama untuk pengaturan manual atau otomatis terhadap Customer Experience Improvement Program Settings, Problem Reporting Settings, dan juga khususnya Windows Update Settings.

  1. Upgrade Hardware Komputer dan Laptop

Salah satu cara termudah untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan meng-upgrade perangkat keras (hardware) pada komputer Anda. Ini berpengaruh terhadap peningkatan kecepatan memproses data dan salah satunya yaitu dengan menambah Memori (RAM) dalam menyimpan dengan kapasitas data pada komputer atau laptop.

Nah untuk cara mempercepat internet android sebagai berikut.

1.   Pakai Jaringan 3G Only atau 4G Only

Jika smartphone android anda telah support jaringan 3G dan 4G, setting kecepatan jaringan dengan menggunakan dua pilihan jaringan tersebut. Untuk mengaktifkan jaringan 3G maupun 4G cukup mudah, langsung saja masuk menu setting > more > mobile network > network mode > pilih jaringan 3G only atau 4G only.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer, fungsi aplikasi ini untuk mempercepat koneksi Internet hingga mencapai 200%. Aplikasi canggih ini bekerja dengan cara memberikan tweak khusus yang akan memberikan anda keleluasaan untuk mengatur dan memilih kecepatan koneksi Internet sesuai kebutuhan yang diinginkan.

2.   Menghapus Cache

Aplikasi yang menyimpan cache jika didiamkan akan semakin besar dan akan memberatkan performa smartphone anda terutama dalam mengakses internet. Selain performa, cache yang menumpuk akan membuat proses muatan data menjadi lebih berat.

Agar koneksi Internet di smartphone Android Anda semakin cepat, rutinlah Anda untuk membersihkan cache-nya. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi One Tap Cache Cleaner atau Clean Master sebagai aplikasi yang direkomendasikan. Selain itu, anda bisa dengan mudah menghapus cache lewat menu Settings – Storage – Cache, lalu langsung saja pilih Clear Cache.

Demikian pembahasan lengkap tentang cara mempercepat internet semoga informasinya bermanfaat.