Tips Komputer : Mengubah Sleep menjadi Hibernate Di Windows 7

Mengubah Sleep menjadi Hibernate Di Windows 7

Halo semua, hari yang indah untuk menambah ilmu bukan? Yuhuu tidak ada satu hari pun tanpa menuntut ilmu hehe, nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang sering kita perlukan tetapi jaran kita ketahui yaitu mengubah mode sleep menjadi hibernate pada windows 7.

Nah secara default atau dari dev, pilihan mematikan komputer di windows 7 kita itu hanya Shutdown dan Sleep, tentunya bagi kita yang sering lembur seperti bang toyib akan sedikit kurang greget gimana gitu kalau harus buka tutup aplikasi ketika mematikan komputer.

Oh iya maaf terlalu banyak basa basi tapi sebelum kita masuk tutorial mari kita belajar terlebih dahulu apa sih perbedaan antara sleep mode dengan hibernate mode

Sleep Mode sudah menjadi pengaturan default pada Power di Sistem Operasi. Mode ini akan aktif apabila komputer tidak digunakan atau tidak ada aktifitas yang terjadi slama beberapa waktu pun demikian pada laptop, tetapi bila keadaan dimana baterai laptop tidak mencukupi maka mode ini akan aktif mematikan laptop.

Ketika Sleep Mode aktif, komputer akan menggunakan daya yang paling rendah. Aliran daya pada semua hardware akan di pangkas tetapi akan tetap dialirkan ke RAM. Ini dikarenakan semua pekarjaan dan program yang terbuka di komputer kamu tetap tersimpan pada RAM. Tetepi jika power terputus atau batre laptop kamu habis maka data di komputer kamu akan hilang.

Lalu bagaimana dengan Hibernate Mode? Untuk hibernate mode hampir sama seperti Sleep Mode yang membedakan adalah jika sleep mode data atau pekerjaan kalian tersimpan di RAM maka Hibernate Mode tersimpan pada Hardisk sehingga walaupun kita kehilangan power ataupun batre laptop kita habis data kita tak akan hilang. Bagau mana sudah paham perbedaannya?

Sekarang yuk kita rubah agar Sleep Mode di komputer kita dapat dirubah ke Hibernate Mode.

  1. Pertama mari Masuk ke Control Panel, pilih Hardware and Sound
  2. Pilih Power Option, disini kita memilih power plan, pilih yang diinginkan, lalu klik change setting
  3. Disini ada beberapa pilihan, namun tidak ada pilihan untuk Hibernate, hanya ada Sleep. Oleh karena itu pilih Change Advanced Power Setting
  4. Pada Change Advanced Power Setting, pilih bagian Sleep, lalu pilih Sleep After
  5. Ubah konfigurasi pada On Battery & Plugged In menjadi never
  6. Setelah itu, masih di bagian Sleep, pilih Hibernate After
  7. Sama seperti langkah 5, hanya ubah menit sesuai keinginan. Misal pada On Battery 15 menit dan Plugged In 30 menit.
  8. Tutup Control Panel

Demikian sedikit ilmu yang dapat saya bagi untuk teman teman semua, jika kalian pilih mode mana? Sleep mode or Hibernate mode? Tentu itu kembali kekebutuhan masing-masing. Sampai jumpa dilain waktu, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *