Tutorial Pewarnaan Pada Photoshop Tools

Photoshop Tools Coloring

Jumpa lagi bersama saya, kali ini bagi kalian yang bingung bagaimana cara mengatur warna di adobe photoshop akan sedikit kami jelaskan tool apa saja yang digunakan, sebelum itu yang perlu kalian pahami ada dua jenis cara menyatakan warna dalam dunia grafis, yang pertama Warna apapun dapat dinyatakan dalam tiga warna dasar (RGB) yaitu merah, hijau, dan biru. Cara menyatakan warna yang lain adalah dengan mode HSL yaitu Hue, Saturation, dan Lightness. Mode lain adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).

Pada artikel ini akan dibahas mengenai permainan warna, mulai dari mengatur latar belakang gambar, membuat gradient, mengatur brightness & contrast, dan masih banyak lagi tools yang menarik.

Photoshop

  • Paint Bucket Tool

Paint Bucket Tool dapat digunakan untuk mengganti latarbelakang yang memiliki warna sama atau mirip. Latarbelakang dapat diganti dengan pattern.

  • Gradient Tool

Gradient tool dapat digunakan untuk mendapatkan warna gradasi. Jangan lupa lakukan seleksi terlebih dahulu bagian mana yang akan diisi warna gradasi.

  • Brush Tool

Brush Tool digunakan sebagai kuas dalam mengambar dengan pointer. Atur besar kecilnya brush, hardness, opacity, dan flow. Bush Tool dapat juga bekerja pada mode Air Brush.

  • Brightness/Contrast

Brightness dapat digunakan untuk mengatur kecerahan gambar. Contrast dapat digunakan untuk mengatur ketajaman gambar. Gunakan menu Image >>  Adjustment >>  Brightness/Contrast.

  • Level

Level berfungsi mirip dengan Brightness/Contrast namun lebih fleksible karena warna dapat diatur warna gelap, warna menengah, dan warna terang. IN dapat bekerja pada selection atau seluruh kanvas. Gunakan menu Image >>  Adjustment >>  Level.

  • Curves

Curves bekerja seperti level, namun Kita mengatur warna RGB dalam bentuk curva. Gunakan menu Image >>  Adjustment >>  Curves. Curva dapat diatur otomatis, mode RGB atau diatur sendiri-sendiri dapat digunakan untuk tiap-tiap warna.

  • Color Balance

Melalui menu Image >>  Adjustment >>  Color Balance kita dapat mengatur keseimbangan warna.

  • Photo Filter

Photo filter dapat digunakan untuk memberikan filter pada gambar. Mirip seperti filter yang diletakkan di depan lensa kamera. Gunakan menu Image >>  Adjustment >>  Photofilter.

  • Replace Color

Replace Color dapat digunakan untuk mengganti warna tertentu dalam gambar, sedangkan warna yang lain tidak ikut berubah. Misalnya dapat digunakan untuk mengganti warna objek  dengan tanpa mengubah warna latarbelakangd. Gunakan menu Image >>  Adjusments >>  Replace Color.

  • Hue/Saturation

Hue/Saturation dapat digunakan untuk mengganti warna pada keseluruhan gambar/seleksi. Hue adalah warna, sedangkan Saturation adalah tebal/tipisnya warna. Gunakan tool ini melalui Image >>  Adjustment >>  Hue/Saturation. Perubahan warna dapat diatur pada chanel master, atau tiap-tiap warna.

  • Match Color

Match Color akan menyamakan warna gambar sumber dengan gambar yang akan diubah. Gunakan tool ini melalui menu Image >>  Adjustment >>  Match Color.

Demikian lah beberapa halmengenai permainan warna pada adobe photosop yang dapat kami samaikan, semogaa artikel ini bermanfaat bagi kalian. Sampaijumpa dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *