Tips Komputer : Cara Mudah Mematikan Windows Up Date

TIPS MUDAH MEMATIKAN WINDOWS UPDATE DI WINDOWS 10

Halo gaes gimana kabar kalian hari ini? Sudahkah kalian belajar hari ini? Sudah pernah mendengar Windows 10? Ya windows 10 merupakan OS terkini besutan raksasa teknologi yaitu Microsoft.

Windows 10 merupakan OS terbaru keluaran Mricrosoft dengan fitur-fitur barunya yang oke punya, banyak sekali fitur-fitur yang sebelumnya tidak ada di windows 7 sekarang ada di windows 8 namun dengan banyaknya fitur yang ada os ini memiliki sisi buruknya terhadap pengguna, OS ini memiliki kebiasaan download / update secara otomatis hingga kuota internet kita sering kali menjadi korban. Hal ini karena fitur Automatic Update di Windows 10 secara default tidak bisa dimatikan.

Maka dari itu artikel ini kami tulis dengan tujuan agar kita dapat mematikan secara paksa update otomatis pada windows 10 supaya tidak menghabiskan kuota kita.

Saya akan menjabarkan dua cara pada kesempatan kali ini, cara yang pertama yaitu mematikan service win update berikut langkah langkahnya

Mematikan Services Windows Update Di Windows 10

Dengan cara ini Windows Update akan mati secara paksa. Jadi pastikan jika anda menggunakan cara ini, begitu terhubung ke internet dengan kuota melimpah segera lakukan update agar Windows anda tetap secure dan optimal.

Untuk mematikan automatic update di Windows 10 dengan cara mematikan service nya, langsung saja buka Service melalui start >> ketikan service >> kemudian enter.

Setelah itu cari Windos Update >> Klik kanan >> Properties

Setelah itu Stop Windows Update Services tersebut dan ubah opsi Startup type ke Disabled.

NB: Mematikan Windows Update Services bisa membuat anda tidak akan bisa menggunakan Store dan tidak bisa mendownload Modern Apps. Resiko ditanggung penumpang.

Untuk mematikan Windows Update service, cukup buka PowerShell dan eksekusi command berikut ini:

stop-service wuauserv

set-service wuauserv –startup disabled

Untuk memastikan services sudah benar-benar mati, periksa dengan command ini.

get-wmiobject win32_service –filter “name=’wuauserv’”

Jika sudah mati maka StartMode nya adalah Disabled dan State nya Stopped.

Untuk menghidupkan Windows Update service lagi, cukup eksekusi command ini

set-service wuauserv –startup manual

start-service wuauserv

Dengan oprek registry seperti dibawah ini anda akan dapat mengembalikan settings Windows Update lawas, sehingga bisa mematikan fitur automatic update di Windows 10.

Buka Registry Editor dengan Win + R >> ketik regedit >> Enter

Browse ke key HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows

Di key Windows, klik kanan >> New >> Key >> beri nama WindowsUpdate

Di key WindowsUpdate, lakukan lagi klik kanan >> New >> Key >> beri nama AU

Klik kanan di key AU yang dibuat tadi, buat DWORD value dengan nama NoAutoUpdate

Klik dua kali di key NoAutoUpdate, set menjadi 1. Klik OK.

Tutup Registry Editor. Buka Settings >> Update & security >> Windows Update, klik check for updates agar perubahan registry tadi bisa langsung diterapkan.

Cukup sederhana bukan? Demikian artikel kami tentang bagaimana mematikan windows update dengan mematikan fitur windows update khusus untuk windows 10 pro, semoga tutorial ini dapat membantu anda semua, semoga bermanfaat sampai jumpa.

Perlu diperhatikan bahwa Microsoft kini menempatkan Windows 10 sebagai layanan dan bukan software lagi. Artinya Microsoft bakal rutin merilis update dan fitur baru begitu update tersebut tersedia. Untuk menginstall update terbaru, Windows 10 memerlukan update-update sebelumnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *