Tutorial Install Ulang Windows

Hay sobat, kembali bertemu dengan saya, disini, di rubrik tips komputern ini, saya akan membagikan cara menginstal laptop dengan windows 10.  Khususnya, yang perlu diketahui install ulang adalah memasang sistem oprasi pada laptop ataupun pc kita. ada dua tipe instal OS yang pertama Clean instal, yaitu menginstal dengan menghapus OS lama,  yang kedua menginstal OS dengan upgrade tanpa menghapus OS lama.

Syarat-syarat Install Ulang

  1. Master OS sesuai spesifikasi anda, apakah prosesor anda 32/64bit
  2. Master OS
  3. Driver laptop kalian
  4. Flashdisk/DvdR
  5. Kesiapan anda sendiri

Sebelum memulai instalasi, Pastikan memenuhi persyaratan tadi.

Cara Install Ulang

Install UlangSebelum kita mulai menginstal windows 10, silahkan membuat installer/bootable pada CD/DVD/Flashdisk, caranya akan saya jelaskan di artikel lain

  1. Nyalakan laptop kalian. Khusus yang memakai Flashdisk sebagai media instalasi, masukan terlebih dahulu Flashdisknya sebelum laptop dinyalakan.
  2. Atur “Boot” atau “Booting” Pertama di Menu BIOS atau UEFI (Tampilan bermacam-macam tergantung MERK). “Masuk Menu BIOS dengan menekan tombol “Del” terus-menerus dengan cepat SAAT menyalakan PC, mungkin pada merk lain dapat mencoba menekan tombol F1 / F2 / F9 / F10. (tiap laptop beda cara)

Sesudah masuk Menu “BIOS”, kemudian cari “Boot” dan Pastikan Booting pertama menggunakan DVD ATAU Flashdisk sebagai medianya. Boot ini pada merk lain terkadang harus dicari dan disesuaikan, cari aja sampe ketemu.

  1. press any key saat, ekan tombol apapun saat muncul tulisan seperti itu
  2. Pilih Bahasa “English” kemudian klik “Next”. bahasa english
  3. Klik “Install now” untuk melanjutkan.
  4. Masukan “Product Key” windows 10.
  5. Klik kotak kecil “I Accept the license terms”, dan kemudian klik “Next”.
  6. Pilih “Custom: Install Windows only (Advanced)”. Ini adalah prosedur “Clean Install” dan mulai instalasi dari awal agar sistem operasi terbebas dari virus dan bersih.
  7. Atur Partisi untuk memilih penginstalan sistem sesuai dengan keinginan. Tapi harap di ingat Partisi sistem operasi sebelumnya harus dihapus dengan menekan “Format”. Pengaturan ini bisa dilakuin memakai kursor mouse yang di atur pada partisi tertentu, nanti tombol pengaturan lengkap akan tersedia.

“New” untuk membuat Partisi baru.

“Delete” untuk menghapus Partisi.

“Format” untuk format Partisi.

“Harap diperhatikan, Pastikan anda membackup data partisi yang akan diformat

  1. Atur kursor pada partisi yang diinginkan untuk instalasi windows yang baru, kemudian klik Next seperti gambar di atas untuk melanjutkan.
  2. Memulai proses transfer dan instalasi secara otomatis.
  3. Tahap ini berlangsung otomatis, nanti akan restart juga secara otomatis selama beberapa kali dan biarkan saja jangan klik apapun sampai proses selesai
  4. Kalo waktu proses ini ada “error” (getting files ready for installation), itu artinya memori kurang bagus alias rusak, bisa di coba ulang kembali prosesnya atau ganti memorinya.

Selesai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *